[NEWS] Karateka Junior Capai Target di SEAKF II


Metrotvnews.com : Para karateka junior Indonesia berhasil mencapai target yang ditetapkan Pengurus Besar Federasi Karate-do Indonesia (PB Forki) di kejuaraan karate Asia Tenggara (2nd SEAKF Karate Championship 2013) yang berlangsung di Clark, Pampanga, Filipina.

Kemarin, para karateka junior Indonesia merebut tiga emas, 1 perak, dan dua perunggu.

Tiga medali emas itu dipersembahkan Stenly Soegianto, Mawar Kautsar Matsura, dan Sutantio Renaldi Pratama. 

Adapun perak direbut Vina Aprilia sedangkan dua perunggu disumbangkan Ni Made Sari dan Ifka Widiasari.

Stenly meraih emas nomor kata perorangan putra setelah di final mengalahkan karateka Malaysia Nordin dengan skor 3-2. 

Walau senang bisa meraih emas, Stenly mengaku sedikit kecewa dengan keputusan wasit yang merugikan dia. 

"Seperti dibilang para pelatih, seharusnya saya menang setidaknya dengan skor 4-1 bukan 3-2," ujar Stenly.

Sedangkan Mawar meraih emas dari nomor kata perorangan putri setelah mengalahkan karateka Thailand Sithiwong Praifar dengan skor 4-1. Adapun Sutantio merebut emas di nomor kumite perorangan putra dengan menundukkan atlet Malaysia Izwar 2-0 di final.

"Terus terang saya tadi agak tegang pada awalnya. Tapi setelah beberapa saat saya baru bisa menguasai keadaan," terang Sutantio selepas laga.

Mengomentari pencapaian tersebut manajer tim karate Indonesia Djafar Djantang mengaku puas. Hanya, menurut dia, mereka harus tetap melakukan evaluasi.

"Tentu saja masih ada beberapa kekurangan dari para atlet yang harus dibenahi. Terutama fokus dan konsentrasi merka dalam bertanding. Karena secara teknis para atlet kita tidak kalah," ujarnya.

"Satu hal lagi yang kami soroti adalah masalah perwasitan. Sudah sering kali atlet-atlet kita dirugikan wasit dalam pertandingan. Untuk itu kita minta perhatian dari para wasit kita," imbuhnya. (Achmad Maulana)