[NEWS] Riau Klaim Masih Tuan Rumah ISG

Metrotvnews.com : Hingga kini, Provinsi Riau masih mengklaim sebagai penyelenggara Islamic Solidarity Games (ISG) III. Padahal, Menpora Roy Suryo telah menyatakan memindahkan penyelenggaraan ISG ke Jakarta pada 22 September-1 Oktober.

Wakil Ketua I Panitia Daerah ISG III Syamsurizal mengatakan Panitia Daerah masih bekerja seperti biasa, sesuai Keppres Nomor 15 tahun 2012 tentang Penetapan Riau sebagai Tuan Rumah Islamic Solidarity Games III tahun 2013.

“Saya tidak melihat satu ketetapan yang legal tentang penyelenggaraan ISG di Jakarta. Dan segenap jajaran Panitia Daerah masih tetap seperti biasa melaksanakan kegiatan sesuai bidang kerja masing-masing,” tegas Syamsurizal, Kamis (2/5).

Dia menambahkan bukti Riau masih diakui sebagai tuan rumah oleh Pemerintah Pusat adalah dengan diundangnya Panitia Daerah dalam rapat koordinasi (rakor) tingkat menteri di Kantor Menkokesra pada Rabu (8/5).

Rakor tersebut akan dipimpin Menkokesra Agung Laksono dengan agenda tunggal membahas persiapan ISG III 2013 di Riau.

Di sisi lain, ungkapnya lagi, venue sudah ditinjau oleh Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF) sebanyak empat kali.

Untuk mendukung ISG III, ISSF juga telah menyetujui diselenggarakannya Investment Forum Cultural Night (Malam Budaya Forum Investasi), Internasional Festival Orchid (Festival Anggrek Internasional), dan pertemuan imam-imam masjid dari negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI).