[NEWS] Karateka Indonesia Raih Emas di Filipina


Metrotvnews.com, Makassar : Karateka andalan Sulawesi Selatan berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia, di Kejuaraan Karate di South East Asia Karate Federation SEAKF II Karate Championship 2013 di Clark, Pampanga, Filipina.

Pelatih Karate Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Senin (22/4), mengatakan bahwa perolehan emas tersebut dipersembahkan trio kata beregu terbaik Indonesia yakni Faisal Zainuddin, Aswar, dan Fidelis Lolobua.

Selain perolehan emas, atlet Sulsel juga menyumbangkan medali perunggu melalui Ifka Widiasari di nomor kumite -47kg.

"Ifka yang tampil dikategori cadet membuktikan kualitasnya dengan kembali merebut medali perunggu. Sedangkan untuk raihan emas yang dipersembahkan trio kata Sulsel memang sudah bukan hal yang mengejutkan," jelasnya.

Untuk atlet Sulsel yang lain, yakni Hendro Salim (kumite-84kg), kata dia, hingga kini belum mendapat kepastian. Namun pihaknya optimistis jika Hendro akan mempersembahkan yang terbaik bagi Kontingen Indonesia.

"Hendro Salim serta Faisal Zainuddin yang juga turun di kata perorangan masih sangat berpeluang menambah perolehan medali emas bagi Indonesia. Kita juga akan terus memantau perkembangan keduanya," kata pelatih yang juga sempat dipercaya menangani Timnas Indonesia tersebut.

Sementara itu, Ketua Harian Forki Sulsel Ellong Tjandra mengatakan bahwa enam atlet yang dipanggil memperkuat Indonesia di kejuaraan tingkat ASEAN itu memang mendapat target meraih medali. Namun, seluruh atlet merasa tidak merasa terbebani karena telah memiliki pengalaman tampil di kejuaraan tersebut.

Dua karateka junior yakni Ifka Widiasari dan Febi Ramadhan juga berstatus sebagai peraih perak dan perunggu pada pelaksanaan kejuaraan sebelumnya.

Selain perunggu dari Ifka, Tim Junior Indonesia juga berhasil meraih tiga emas, satu perak dan dua perunggu termasuk yang diraih Ifka. Untuk tiga emas masing-maisng dipersembahkan Stenly Soegianto, Mawar Kautsar Matsura, dan Sutantio Renaldi Pratama.

Adapun perak direbut Vina Aprilia sedangkan dua perunggu disumbangkan Ni Made Sari dan Ifka Widiasari.